Cara Mengecek Blog atau Website Valid AMP atau tidak?

officialgpro
Official Gpro - AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages. Dalam bahasa indonesia, bermakna laman seluler dipercepat. Proyek AMP ini merupakan proyek yang dibikin oleh Google yang berupa open source. Proyek ini dibikin untuk mengoptimalkan kinerja halaman website dalam versi mobile.

Seperti yang kalian ketahui sekarang google search lebih memprioritaskan tulisan blog amp terhadap hasil pencarian google, daripada tulisan yang belum/tidak support amp. Karena dari aspek kecepatan loading blog, ternyata tulisan amp lebih cepat diakses oleh visitor daripada yang bukan amp.

Terlebih kembali sekarang di Indonesia para pengunjung lebih banyak pakai hp smartphone untuk berselancar di internet, lebih-lebih membuka google search engine untuk mencari informasi/berita yang dibutuhkannya. Sehingga mau nggak mau, puas nggak suka, para blogger Indonesia wajib menyesuaikan fenomena tersebut, supaya blog yang dikelolanya dapat mencapai pengunjung ribuan dan stabil setiap harinya.

Kelebihan Mengunakan  Blog AMP

Blog dengan fitur AMP memiliki kelebihan tersendiri, yang salah satunya adalah meningkatkan Kecepatan Loading Website dengan cara menunda Source atau Element yang memperlambat Loading Website anda.

Beberapa diantaranya adalah salah satu Alasan Kenapa anda harus menggunakan Blog Valid AMP (Accelerate Mobile Phone).

1. Meningkatkan SEO Blog

SEO (Search Engine Optimizer) sampai sekarang masih menjadi perbincangan hangat dan juga pembahasan, baru - baru ini juga Google telah mengupdate Algoritmanya yang berdampak pada Menurunnya Pengunjung atau turunnya Traffic untuk beberapa Artikel blog di Mesin Penelusuran Google.

Salah satu faktor yang bisa dikaitkan dengan SEO adalah Kecepatan Loading Website dan Juga Readibility suatu website yang mengacu pada "Bagaimana mengoptimalkan Kecepatan Website" dan jawaban tersebut bisa dijawab dengan Blog yang mengadopsi AMP salah satunya.

2. Meningkatkan Traffic Blog

Blog yang memiliki kecepatan loading website snagat cepat akan mendapat prioritas di Mesin Penelusuran Google, hal inilah yang membuat anda akan mendapat dorongan Traffic sesuai dengan Apa yang telah anda usahakan.

Fitur ini juga telah menjadi Trend dan menjadi salah satu keharusan bagi beberapa Situs khususnya situs - situs besar seperti Liputan 6, Kompas dan sebagainya.

3. Artikel Lebih Mudah Pageone

Kenapa begitu ? Halaman yang di optimasi dengan Kecepatan dan SEO Onpage yang baik, pastinya memiliki peluang menempati peringkat Page one lebih besar dari pada Artikel yang dibuat secara asal - asalan kemudian di publish dan tidak tahu Bagaimana cara optimasinya.

Salah satu contoh Optimasi halaman artikel yang baik adalah menggunakan Theme Valid Amp, agar Lebih cepat terindeks dan Meningkatkan ranking SERP di Penelusuran Google.

Selain dari itu, ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui yakni Menerapkan Fitur AMP theme di Blog dengan Platform Wordpress sangatlah mudah karena pengguna tinggal menginstall plugin. Tapi bagaimana dengan Platform Blogger ?

kita sendiri merasakan perbedaan yang sangat Singnifikan, dari menggunakan theme yang tidak valid amp sampai menggunakan theme yang umumnya valid AMP .

Tetapi dengan beberapa pelajaran yang kita terima akhirnya kita mampu dan sampai sekarang tidak ada masalah yang membuat kita harus kesusahan dalam sudah mengotak - atik theme kita supaya Valid AMP.

Adapun Untuk Mengecek apakah Blog anda Valid AMP atau Tidak, anda bisa menggunakan 2 Cara dibawah ini.

Cara Cek Blog Valid Amp

Tujuan anda menggunakan Theme Valid AMP adalah untuk meningkatkan Kecepatan Website khususnya untuk pengguna Mobile Version. Oleh karenanya berikut adalah tata cara cek Blog Valid AMP atau Tidak dengan Benar.

1. Buka Ekstensi Penelusuran anda (Chrome, Uc dan Semacamnya).
2. Selanjutnya Buka halaman berikut ini https://validator.ampproject.org/
3. Lalu copy dan paste url artikel atau blog tersebut.
4. Terakhir klik Cek.
5. Maka selanjutnya akan terdapat Informasi apakah Blog Valid amp atau tidak.

Cara Cek Blog/Website Valid AMP

Selain cara diatas anda juga bisa menggunakan Cara kedua berikut ini untuk mengetes atau mengecek apakah Blog anda Valid AMP atau Tidak menggunakan Tools Google sendiri, Berikut adalah panduannya.

1. Buka halaman berikut ini https://search.google.com/test/amp
2. Lalu copy link contoh https://www.officialgpro.eu.org lalu paste di kotak yang telah disediakan.
3. Selanjutnya klik Cek.
4. Lewati Kode Recaptcha.
5. Terakhir akan terlihat apakah Blog Valid AMP atau Tidak.


Tips: Sebaiknya yang dites AMP adalah url posting blog kalian, bukan url homepage blog, karena halaman AMP yang ditampilkan google di mesin telusur adalah halaman postingan. Dengan tanda petir dibawah judul artikel. Halaman AMP Google dan ikon petir cuma muncul di smartphone waktu mencari Info di google seacrh.

Demikian Info yang dapat dishare di blog Official Gpro untuk teman baik blogger semua. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungan kalian di blog ini.