Cara Melihat dan Gunakan Kode QR Wi-Fi di Handphone Samsung

Cara Melihat dan Gunakan Kode QR Wi-Fi di Handphone Samsung

Seiring pengembangannya, proses operasi Android selamanya menghadirkan berbagai macam teknologi dan dukungan mutakhir untuk mempermudah para pengguna didalam menjalani banyak ragam aktivitas.

Sejumlah perusahaan teknologi lebih-lebih membekali proses operasi ini dengan utilitas tambahan melalui antarmuka khusus. Samsung sebagai keliru satu perusahaan yang terlampau setia manfaatkan Android terhitung di antaranya.

Bahkan sebelum akan Google menanamkan fitur berbagi Wi-Fi melalui kode QR (QR Code) ke didalam Android secara mendasar, Samsung telah melakukannya lebih pernah melalui antarmuka One UI yang kini menjadi senjata andalan lini Samsung Galaxy.

Fitur kode QR sebenarnya tidak serta merta akan menjaga kata sandi yang digunakan pengguna sebagaimana diungkapkan oleh kebanyakan orang. Namun dengan menggunakannya, proses berbagi koneksi internet mampu menjadi jadi praktis.

Kamu tentu kudu manfaatkan kata sandi yang rumit untuk mengamankan koneksi terhadap jaringan Wi-Fi. Namun selagi kudu membagikannya ke orang lain, tidak jarang akan kesusahan sendiri untuk mengejanya.

Penambahan fitur kode QR mampu menjadi solusi untuk perihal ini. Alih-alih kudu mendiktekan kata sandi yang membawa risiko kesalahan tinggi, kamu hanya kudu memindai gambar untuk membagikannya.

Dukungan berbagi Info Wi-Fi manfaatkan kode QR di handphone Samsung telah mampu digunakan sejak One UI berbasis Android Pie. Jika kamu belum tahu, begini cara melakukannya.

Cara Melihat Kode QR Wi-Fi di Handphone Samsung

  1. Buka Settings melalui ikon aplikasi atau status bar
  2. Masuk ke pengaturan Connection
  3. Lalu memilih Wi-Fi
  4. Ketuk ikon roda gigi terhadap nama jaringan Wi-Fi yang terhubung
  5. Klik terhadap opsi QR Code

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, perangkat akan secara otomatis menampilkan kode QR dari jaringan perihal yang kebanyakan tidak cukup lebih memuat nama, pengaturan keamanan, hingga kata sandinya.

Jika gagal selagi manfaatkan opsi kode QR tersebut, kamu kudu mengecek apakah protokol keamanan telah sesuai atau belum dikarenakan fitur secara tertentu hanya membantu model WPA/WPA PSK dan WEP.

Selain itu, fitur kode QR hanya terkandung terhadap perangkat Samsung dengan antarmuka terbaru. Beberapa di antaranya lebih-lebih membawa tata letak tidak sama agar pengguna kudu menyesuaikan untuk menggunakannya.

Untuk One UI berbasis Android Pie, kamu andaikata tak kudu mengetuk ikon roda gigi dikarenakan mampu langsung menyaksikan kode QR dari jaringan yang digunakan dengan mengetuk namanya.

Sementara untuk perangkat dengan antarmuka proses yang lebih lawas, belum tersedia opsi lain selain manfaatkan dukungan dari fasilitas atau aplikasi pihak ketiga yang kebanyakan perlu pengaturan secara manual.

Membuat Kode QR Jaringan Wi-Fi dengan Layanan Pihak Ketiga

  1. Kunjungi halaman QR Code Generator manfaatkan peramban
  2. Pastikan kolom paling atas tersetel ke opsi WIFI
  3. Masukkan nama SSID jaringan ke kolom Network Name
  4. Centang opsi Hidden terkecuali diperlukan
  5. Isi kolom Password dengan kata sandi Wi-Fi
  6. Ubah Encryption ke model keamanan yang dipakai
  7. Ketuk Scan Tracking ke posisi on atau off sesuai kebutuhan
  8. Klik tombol Generate QR Code
  9. Atur Frame, Shape & Color, dan Logo untuk membuat perubahan penampilan kode QR
  10. Klik Download JPG untuk menyimpan hasilnya ke perangkat

Proses pembuatan kode QR dengan manfaatkan situs ini perlu sedikit waktu. Tunggu prosesnya dan jangan menyegarkan halaman hingga hasilnya berhasil diunduh. Kalau diperlukan, klik Download untuk mengkonfirmasinya.

Meskipun sedikit lebih ribet, fitur pembuat kode QR terhadap halaman ini cukup menarik untuk digunakan dikarenakan pengguna mampu mengkostumisasi penampilan hasilnya sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini tentu mampu menjadi kekuatan tawar tersendiri bagi kamu yang membawa usaha dengan dukungan Wi-Fi sebagai fasilitasnya. Apalagi selain sebabkan kode QR untuk jaringan, fasilitas ini terhitung mampu digunakan untuk berbagai macam perihal lainnya.

Selain manfaatkan situs QR Code Generator, kamu pun mampu sebabkan kode QR untuk jaringan Wi-Fi manfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti InShot Free QR Scanner yang mampu diunduh melalui Google Play Store.

Menggunakan Aplikasi InShot Free QR Scanner

  1. Unduh dan aplikasi InShot Free QR Scanner
  2. Izinkan aplikasi untuk manfaatkan fitur kamera untuk pertama kali pemakaian
  3. Setelah berhasil masuk ke halaman utama aplikasi, membuka tab Create dengan mengetuk ikon yang sesuai di bagian bawah
  4. Pilih menu Wi-Fi
  5. Masukkan nama jaringan ke kolom Network name (SSID)
  6. Ubah Security mode ke model keamanan yang dipakai
  7. Isikan kata sandi Wi-Fi terhadap kolom Password
  8. Tekan tombol Create di pojok kanan atas
  9. Ketuk tombol Save untuk menyimpan kode QR ke penyimpanan perangkat
  10. Ubah nama lantas tekan Save
  11. Izinkan aplikasi manfaatkan penyimpanan perangkat terkecuali memintanya

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk hal-hal yang berupa pribadi tentu wajib berhati-hati. Kamu harus memilih aplikasi yang pas dan terpercaya agar data-data selamanya aman.

InShot Free QR Scanner tentu mampu menjadi alternatif yang cukup layak dipertimbangkan. Apalagi aplikasi ini sebenarnya terhitung membawa fitur pemindai kode QR selain mampu digunakan untuk membuatnya.

Setelah berhasil mendapat kode QR jaringan yang menghendaki dibagikan, kamu atau orang lain baru mampu memindainya dari handphone yang akan dihubungkan dengan sejumlah fitur atau peralatan.

Jika sama-sama manfaatkan perangkat Samsung, maka mampu melakukannya hanya dengan kamera bawaan. Bagi kamu yang belum tahu, begini cara memindai kode QR melalui aplikasi kamera.

Cara Memindai Kode QR Wi-Fi di Handphone Samsung

  1. Menggunakan Kamera Bawaan
  2. Buka aplikasi kamera bawaan Samsung
  3. Masuk ke bagian Settings lantas pastikan tombol Scan QR codes menyala
  4. Kembali ke halaman utama aplikasi kamera
  5. Arahkan kamera ke kode QR yang dimaksud
  6. Pastikan fokusnya mengarah ke kode QR tersebut

Secara otomatis kamera Samsung akan membaca kode QR tersebut. Kamu setelah itu mampu mengetuk Info yang terlihat untuk menyesuaikan koneksi internet ke Wi-Fi terkait.

Nah sayangnya, opsi ini terhitung hanya tersedia terhadap berbagai macam perangkat Samsung yang manfaatkan antarmuka baru seperti OneUI. Sementara terkecuali manfaatkan yang lawas, kamu kudu menempuh metode lain.

Salah satu cara alternatif yang mampu digunakan untuk memindai kode QR di perangkat Samsung adalah melalui aplikasi Samsung Internet terkecuali tidak senang menempatkan fasilitas dari pihak ketiga.

Menggunakan Samsung Internet

  1. Perbarui aplikasi Samsung Internet melalui halaman Galaxy Store terkecuali diperlukan
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Klik Menu (ikon hamburger) di pojok kanan bawah
  4. Pilih Settings
  5. Masuk ke menu Useful features
  6. Pastikan tombol QR code scanner didalam suasana hidup
  7. Kembali ke halaman utama peramban
  8. Klik ikon kode QR di pojok kanan atas
  9. Izinkan aplikasi manfaatkan kamera terkecuali memintanya
  10. Arahkan kamera ke kode QR

Apabila dengan cara ke dua ini masih belum bisa, maka kamu tentu kudu manfaatkan aplikasi tertentu pemindai kode QR. InShot Free QR Scanner tentu layak menjadi keliru satunya.

Menggunakan InShot Free QR Scanner

  1. Pasang aplikasi InShot Free QR Scanner
  2. Jalankan aplikasi
  3. Izinkan sebagian pengaturan yang diminta
  4. Setelah halaman Scan, arahkan kamera ke kode QR Wi-Fi
  5. Pastikan kode QR masuk ke bingkai kotak yang tersedia di didalam kamera
  6. Jika berhasil, Info tentang jaringan Wi-Fi akan muncul
  7. Ketuk opsi Connect to Wi-Fi agar tersambung ke jaringan tersebut

InShot Free QR Scanner hanya salah satu contoh aplikasi yang bisa dipakai untuk membaca kode  di handphone Samsung. Selain aplikasi ini, kamu juga bisa gunakan aplikasi gratis yang lain.

Kode QR sendiri merupakan sebuah wujud evolusi dari kode batang (barcode) yang lebih kompleks dengan label berbasis optik agar mampu menampung knowledge yang lebih banyak untuk mampu diterapkan terhadap berbagai macam kebutuhan.

Pengaturan Wi-Fi secara otomatis terhitung terhitung ke dalamnya. Kehadirannya di bidang tersebut lebih-lebih cukup bermanfaat khususnya bagi seseorang dengan kata sandi yang rumit dan panjang.