Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android

Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android

Biasanya untuk mengakibatkan arsip digital dari dokumen fisik, kita bakal lakukan pemindaian memanfaatkan Scanner yang tersambung dengan komputer.

Namun apa jadinya jika anda menemukan Scanner berikut rusak dan tidak dapat digunakan? Nah di zaman sekarang ini, kita dapat memanfaatkan alternatif pemindaian atau scan dokumen dengan memanfaatkan perangkat HP atau smartphone.

Tentu saja hal ini menjadi lebih efektif karena anda tidak wajib membeli Scanner baru atau mencari rekan yang memilikinya. Pada smartphone Android jaman kini, aplikasi Google Drive telah masuk ke di dalam bawaan proses operasi. Selain untuk menyimpan file terhadap cloud Google, ternyata aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai atau scan dokumen.

Untuk itu, anda dapat mengikuti lebih dari satu cara enteng di bawah ini untuk memindai atau scan dokumen melalui HP dengan memanfaatkan Google Drive.

Cara Scan Dokumen Lewat HP Android

  1. Pertama, membuka aplikasi Google Drive di smartphone
  2. Pada halaman utama aplikasi ini, tekan tombol Add yang berlambang + di di dalam lingkaran
  3. Selanjutnya, menentukan menu Scan dan anda bakal diarahkan kepada aplikasi kamera untuk memindai dokumen
  4. Kemudian, tekan tombol Shutter berlambang lingkaran untuk menyelesaikan proses pemindaian
  5. Apabila foto yang disita telah bagus, maka anda dapat menghimpit tombol centang untuk menuju halaman Edit
  6. Pada halaman Edit, anda dapat memotong, merotasi, atau mewarnai dokumen yang telah dipindai
  7. Jika anda telah selesai, maka dapat langsung menghimpit tombol Save
  8. Pada halaman Save to Drive, anda dapat memberi tambahan judul dokumen, menentukan akun Google, dan folder untuk daerah penyimpananya
  9. Apabila telah selesai, maka tekan tombol Save
  10. Setelah proses selesai, maka dokumen yang dipindai tadi bakal tersimpan di Google Drive

Sebagai catatan, dokumen yang dipindai tadi bakal punyai format PDF. Selain itu, anda termasuk dapat langsung mengunduhnya dari Google Drive ke laptop atau smartphone jika bakal digunakan untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaanmu.

Tidak hanya smartphone Android, sesungguhnya anda termasuk dapat mengunduh dan install Google Drive di iPhone melalui Apple App Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, maka anda dapat langsung lakukan proses pemindaian dokumen di perangkat Apple berikut dengan beberapa langkah yang serupa seperti di atas.

Bisa dibilang scan dokumen melalui HP ini benar-benar baik digunakan disaat di dalam suasana darurat atau perlu yang memerlukan kala cepat. Namun jika anda dambakan senantiasa mendapatkan hasil pemindaian dokumen terbaik, maka sebaiknya senantiasa memanfaatkan Scanner dengan resolusi tinggi.