Cara Mengatasi Memory WhatsApp yang Penuh di Hp

Aplikasi WhatsApp. Foto: dok. Rawpixel

Mengatasi peringatan memory penuh dikarenakan aplikasi WhatsApp. Jangan auto panik, ini cara ringan menghapusnya.

Memang sih, jangan kira handphone yang mempunyai memory besar, kita santai-santai saja menerima aneka kiriman foto, video dan dokumen lewat WhatsApp. Jika anda menerima notifikasi peringatan memory penuh, barulah kita kaget.

Begitu buka area penyimpanan di ponsel, terkejutlah kita menyaksikan ribuan foto dan video yang kita bahkan lupa kiriman dari siapa. Kemudian kita jadi bingung sendiri berkenan membuang yang mana atau membuang sepenuhnya saja, khawatirnya terselip knowledge yang penting, inilah tipsnya.

Cara ringan menghapus memory WhatsApp yang penuh

1. Menghapus knowledge foto, GIF, video WhatsApp secara umum

Buka Photos > memilih Albums. Cari folder WhatsApp Images, WhatsApp Video, WhatsApp Animated Gifs, WhatsAp Documents. Dari tiap-tiap folder, kasih sinyal centang file yang berkenan Anda buang, lantas klik Delete.

2. Menghapus knowledge dari chat tertentu

Ternyata, ada lho orang atau kelompok WhatsApp tertentu yang membuat memory HP kamu cepat penuh. Kamu dapat menghapus knowledge tertentu dari kiriman orang atau kelompok tersebut.

Caranya klik Setting > Storage and Data > Manage Storage. Nah di sana langsung tampak tuh siapa yang chatnya paling membuat memori kamu penuh. Pilih Chat > centang file yang berkenan dihapus > klik Delete.

3. Menghapus knowledge yang paling makan memori

Kalau Anda fokus menghapus knowledge yang paling banyak makan tempat, siapapun pengirimnya, ada lagi caranya. Klik Setting > Storage and Data > Manage Storage. Cek Review and Delete Items

Ada folder knowledge yang lebih besar dari 5MB atau folder knowledge Forwarded Many Times. Masuk ke tiap-tiap folder centang file yang berkenan dihapus > klik Delete.

4. Menghemat pemakaian data

Cara menghemat memori adalah merubah fitur auto-download. Caranya klik Setting > Storage and Data > Media Auto-Download > memilih WiFi Only.

5. Pantau pemakaian data

Sebagai tindak pencegahan biar tidak kaget jika memori penuh, kamu dapat memantau perkembangan pemakaian knowledge seiring waktu berjalan. Sehingga, jika ada lonjakan knowledge yang di-download dan berdampak pada penuhnya memori, kamu dapat pantau jauh-jauh hari.

Caranya klik Setting > Storage and Data > Network Usage. Di sana kita dapat menyaksikan udah seberapa banyak konsumsi data, jadi dapat pasang kuda-kuda, apakah berkenan mematikan fitur auto-download, atau berkenan menghapus data-data lama di Whatsapp.