Membandingkan 6 Layananayanan Penyimpanan Foto Setelah Google Photos "Unlimited" Gratis Disetop

Google Photos

Mulai 1 Juni kemarin, benefit ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) gratis untuk menyimpan foto dan video "High Quality" di sarana Google Photos, resmi berakhir.

Ke depannya, semua foto dan video "High Quality" yang diunggah ke Google Photos akan disimpan bersama dengan manfaatkan kapasitas penyimpanan gratis bawaan Google, yang sebesar 15 GB.

Mereka dapat setelah membeli kapasitas penyimpanan tambahan bersama dengan harga mulai berasal dari Rp 26.900 perbulan untuk kapasitas 100 GB.

Google sebetulnya menambahkan benefit penyimpanan gratis sebesar 15 GB bagi pengguna, yang dapat digunakan di beragam layanannya, seperti Gmail, Google Drive, Google Photos, dan sebagainya.

Berakhirnya benefit penyimpanan ulimited ini berkenan tidak berkenan mengharuskan pengguna untuk membayar cost langganan, untuk meraih ruang penyimpanan lebih, atau berubah ke platform cloud storage lainnya, seperti Photobucket, iCloud, Dropbox, Flickr, OneDrive, dan Amazon Photos.

bagaimana perbandingan Google Photos bersama dengan sarana penyimpanan cloud lainnya, sehabis sarana gratis tanpa batas (unlimited) disetop?

1. Flickr

Dibandingkan bersama dengan Flickr, sarana penyimpanan foto ini menambahkan sarana cuma-cuma untuk 1.000 foto per pengguna. File foto dibatasi sampai 200 MB dan file video sampai 1 GB.

Untuk penyimpanan tak terbatas tanpa iklan, pengguna harus membayar 6,99 dollar AS (sekitar Rp 98.000) per bulan atau 59,99 dollar AS (sekitar Rp 855.000) per tahun, tidak terhitung pajak.

Keuntungan lain berasal dari keanggotaan tahunan berbayar terhitung statistik foto pengguna yang sedang tren dan beragam diskon berasal dari lebih dari satu perusahaan, terhitung Adobe dan SmugMug, yang sekarang menjadi anggota berasal dari Flickr.

Apabila mengidamkan nikmati tempat penyimpanan tak terbatas (unlimited), pengguna dapat merogoh kocek 7 dolar AS (sekitar Rp 100.000) per bulan.

2. Photobucket

Sama seperti Google Photos, Photobucket terhitung tawarkan paket gratis terbatas, terlalu mungkin pengguna mengunggah sampai 250 foto secara gratis.

Setelah masa percobaan, pengguna dapat memilik paket pemula (Beginner) bersama dengan harga 5,99 dollar AS (sekitar Rp 85.000) per bulan atau 64,68 dollar AS (sekitar Rp 925.000) per tahun, yang memberi penyimpanan 25 GB tanpa iklan. Album foto terhitung dilindungi bersama dengan password, dan ada editor gambar.

Untuk paket menengah (Intermediate) terdapat cost 7,99 dollar AS (sekitar Rp 114.000) per bulan atau 86,28 dollar AS (sekitar Rp 1,3 juta) per tahun, bersama dengan sarana penyimpanan 250 GB dan hosting foto tak terbatas.

Paket Expert memiliki sarana seperti di atas disempurnakan penyimpanan tanpa batas dan tanpa kompresi gambar. Paket ini dapat ditebus bersama dengan cost 12,99 dollar AS (sekitar Rp 186.000) per bulan atau 140,28 dollar AS (sekitar Rp 2 juta) per tahun.

3. Amazon Photos

menawarkan storage untuk menyimpan foto dan video secara cuma-cuma sampai 5 GB untuk pelanggan Amazon Prime yang membayar cost berlangganan 13 dolar AS (sekitar Rp 182.000) per bulan.

Pengguna terhitung dapat berlangganan sarana Amazon Drive Storage terjangkau bersama dengan kapasitas storage melimpah, yakni bersama dengan harga 2 dolar AS (sekitar Rp 28.000) untuk 100 GB per bulan

4. iCloud

iCloud gratisan akan memiliki benefit storage iCloud sebesar 5 GB. Meski demikian, kapasitas tersebut dapat diperluas sampai 2 TB.

Adapun sarana storage ekstra yang ditawarkan iCloud mencakup 50 GB (1 dolar AS/sekitar Rp 14.000 per bulan), 200 GB (3 dolar AS/sekitar Rp 42.000 per bulan), dan 2 TB (10 dolar AS/sekitar Rp 140.000 per bulan).

5. DropBox

Alih-alih 15 GB seperti Google Photos, pengguna gratisan DropBox hanya akan meraih tempat penyimpanan online sebesar 2 GB saja.

Namun, mereka dapat memperluasnya bersama dengan membayar cost berlangganan Dropbox Plus senilai 10 dolar AS (sekitar Rp 140.000 per bulan) untuk penyimpanan ekstra 2 TB, mirip seperti harga yang ditawarkan Apple untuk sarana iCloud.

6. OneDrive

Seperti Amazon Photos dan iCloud, pengguna gratisan OneDrive hanya dapat nikmati tempat penyimpanan bersama dengan kapasitas 5 GB secara gratis.

Pengguna kemudian dapat membeli penyimpanan tambahan (OneDrive Standalone) bersama dengan harga Rp 28.999 per bulan. 

Dengan memperbandingkan Google Photos bersama dengan sarana penyimpanan foto/video lain di atas. Google Photos unggul dalam perihal kapasitas penyimpanan gratis yang raih 15 GB, dibandingkan iCloud yang hanya 5 GB atau DropBox (2 GB) dan OneDrive (5 GB).

Menurut Google, 80 persen pengguna Google Photos tidak akan menyentuh kapasitas 15 GB itu setidaknya sampai 10 tahun.

Namun kapasitas yang besar itu harus dibayar bersama dengan kompresi foto (kualitas menurun). Foto yang disimpan dalam High Quality menurut laporan Consumer Reports, dikompresi menjadi 16 megapiksel.

Ukuran itu cukup untuk standar industri, yang dipakai untuk mencetak foto 16,40 x 10,88 inci 300 ppi.

Pengguna sebetulnya masih dapat menyimpan foto dalam ukuran asli di Google Photos, namun perihal itu akan memicu kapasitas penyimpanan menjadi lebih cepat penuh.

Selain itu, Google Photos terhitung memiliki fitur perlu seperti pencarian atau Search. Google akan mengelompokkan foto atau video ke dalam lebih dari satu kategori, seperti "people", "places", maupun "things".

Dengan begitu pengguna akan lebih enteng menemukan foto berdasarkan kategori tersebut.

Namun jika mutu foto adalah perihal yang utama bagi pengguna, dan harga bukan masalah, maka Anda dapat pilih Flickr atau Photobucket, keduanya menambahkan perbandingan harga dan sarana yang sepadan.

Google Photos sendiri hanya menambahkan kapasitas penyimpanan 2TB per bulan bersama dengan cost langganan Rp 135.000.

Dengan sedikit cost tambahan (sekitar Rp 186.000 per bulan), Anda dapat berlangganan Photobucket tak terbatas dan tanpa kompresi.

Sementara Flickr bersama dengan harga tak tidak sama jauh (sekitar Rp 98.000 per bulan) terhitung menambahkan penyimpanan tak terbatas.