Mulai 1 Juni 2021, Google Dapat Menghapus Akun Gmail, Photos dan Drive

Google Drive

Google telah memperkenalkan seluruh ketetapan baru yang menjadi berlaku 1 Juni 2021. Aturan baru itu terlalu mungkin Google untuk menghapus Gmail, Google Photos dan Google Drive tanpa butuh izin dari pengguna

Pengguna Gmail, Photos, dan Drive telah diperingatkan berkenaan perubahan pada akun sepanjang berbulan-bulan namun ketetapan baru selanjutnya akhirnya berlaku menjadi 1 Juni 2021.

Google pertama kali mengirimkan peringatan sejak akhir tahun lalu. Perusahaan menyatakan pihaknya mengubah persyaratannya untuk terlalu mungkin Google menghapus akun dan menghapus konten tanpa butuh izin dari pengguna.

Pembaruan ini dapat mempengaruhi seluruh pengguna akun Gmail, Drive, atau Potos dan bisa lihat seluruh datanya segera menuju ke daerah sampah digital.

 "Kami sadar Anda bahwa kami baru-baru ini menginformasikan kebijakan penyimpanan baru untuk Akun Google menggunakan Gmail, Google Drive (termasuk  Google Docs, Sheets, Slides, Drawings, Forms, dan Jamboard file) dan / atau Google Photos yang menjadikan kami seiring bersama praktik industri. Semua konten Anda bisa dihapus," kata Google dalam e mail kepada pengguna, dikutip dari Express, Senin, 31 Mei 2021.

Namun, bagi Anda tidak perlu panik. Bagi pengguna yang menggunakan akun secara teratur, maka tidak dapat dipengaruhi oleh ketetapan Google yang menjadi berlaku 1 Juni 2021 tersebut.

Google menerapkan kebijakan yang diperbarui itu dalam usaha untuk bersihkan server dari akun dan file yang tidak aktif sepanjang beberapa tahun.

"Jika pengguna tidak aktif selama 2 tahun (24 bulan) di Gmail, Drive, atau Photos, kami bisa menghapus konten di product yang Anda nonaktifkan. Jika Anda melebihi batas penyimpanan sepanjang 2 tahun, kami mungkin hapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto," kata Google.

Selain itu, perlu diingat ketetapan baru selanjutnya menjadi berlaku pada 1 Juni 2021, yang artinya tidak dapat dihapus sampai 1 Juni 2023.

Jika Anda telah lama tidak Google Photos untuk Gmail, Google dapat berikan sadar beberapa kali sebelum saat menghimpit tombol hapus sehingga pengguna tidak boleh kehilangan konten apa pun.